Bagi rekan-rekan blogger yang menggunakan blogspot, jangan sampai cerita tragis dua blog terpopular indonesia ini (afsyuhud.blogspot.com dan kolom-mario.blogspot.com) menimpa anda dan tulisan-tulisan anda, diDELETE oleh tim blogspot. Blog-blog itu milik A. Fatih Syuhud

seorang penulis produktif Indonesia yang sedang studi di luar negeri (sekarang sudah kembali ke Indonesia, ternyata arema ker..). Sangat di sayangkan sekali padahal setahu saya, pak Fatih Syuhud ini sangat berdedikasi untuk memajukan blog di tanah air.

Menurut beliau, permasalahan kenapa blog-blog itu di delete karena mengandung spam. Aneh kan, saya sendiri kok tidak percaya kalau blog-blog bagus itu melakukan praktek spam. Sekadar analisa saja mungkin saja blog-blog tersebut terlalu banyak memuat blogroll blog indonesia (link exchange) yang jumlahnya luar biasa banyak yang kemudian di anggap spam oleh tim blogspot.

Sebagaimana dituliskan dalam about page blog beliau yang lain dalam bahasa indonesia, disarankan bagi pengguna blogspot untuk segera membackup tulisan-tulisan /posting nya. Cara termudah adalah di backup ke wordpress. saya pikir itu sesuatu yang bijak untuk dilakukan sebelum terlambat. Walaupun anda sendiri tidak melakukan spam, mungkin ada pihak lain yang melakukannya dan anda yang menerima dampaknya.

Saya sendiri juga lebih prefer dengan wordpress setelah melihat artikel dari www.entrepreneurs-journey.com tentang pemilihan software blogging terbaik saat ini. banyak sekali keunggulan di wordpress dari yang lain, yang ketahui yaitu fitur trackback/ tautan balik yang tidak ada di blogspot. Lainnya yang banyak kelihatan adalah fitur comment yang tidak harus punya account dulu sehingga memudahkan pengunjung untuk meninggalkan pesan. sementara di blogspot harus menemabahkan widget untuk memudahkan komunikasi dengan pengunjung.

demikian, saya tidak menganjurkan siapapun untuk pindah dari blogspot ke wordpress. setidaknya anda bersiap-siap dengan rajin-rajin backup kalau masih tetap di blogspot.

salam fantastico!

agung fidaus
agung[at]firdaus.info
http://blog.firdaus.info