Sumber : http://information-of-technology.blogspot.com/2007/08/software-gratis-windows-untuk-warnet.html

Free software download alias gratis, nih aku bagi bagi kumpulan link free software yang mungkin berguna agar bebas dari tuntutan pemegang HAKI ...Bagi para pemilik warnet yang kmaren heboh sweeping HAKI, mungkin ini bisa di gunakan sebagai alternatif, pengganti software berbayar. Untuk sistem operasinya masih tetep pake windows, kenapa windows ? untuk orientasi bisnis ( khususnya warnet ) dari sisi konsumen di negara kita yang tercinta raya ini dan baru aja ulangtahun hari kemerdekaan ( tapi kok masih banyak yang belom ngerasa merdeka yah ? tanya kenapa...:P ), pengguna komputer bisa dikatakan kira² 75% dari total pengguna komputer menggunakan sistem operasi windows. Maaf, tanpa mengecilkan arti dan kemampuan dari OS opensource yang free, windows sudah memasyarakat dan terlanjur ada dihati masyarakat cieeeee... bahasanya. Coba aja anda lihat ke Instansi Swasta maupun pemerintah, kemungkinan besar bisa di pastikan memakai OS windows. Dari segi ini lah saya melihat untuk target market masih lebih besar windows. Konsumen tahunya langsung pakai, gak ribet, tanpa mikir dan simpel. Saya menyarankan anda untuk membeli yang windows XP home edition yang disertai dengan surat ketentuan untuk direntalkan yang bisa anda dapatkan dari tempat dimana anda membeli cd resminya. Kenapa XP home edition ? karena dari segi harga untuk yang versi XP home edition yang paling murah, kalo ga salah dalam rupiah sekitar 750 ribu keatas, sukur - sukur anda bisa mendapatkan kredit ato harga yang lebih murah jika membeli dalam partai besar. Lewat kredit mungkin harga totalnya jauh lebih besar, akan tetapi menurut saya lebih baik demikian sebab dapat mengurangi faktor modal awal untuk mendirikan warnet. Seperti saran dari pemilik situs Purdi E Chandra yang merupakan businessman kelas tinggi seperti yang dijelaskan dalam situs tersebut, kalo ga salah intinya "berhutanglah untuk memulai usaha biarkan orang lain yang melunasinya" ( maaf om saya jiplak dikit, bagi duit donk...:D ), saya sendiri juga sering cari inspirasi dari situs beliau. Excellent motivator menurut saya (bener gak tulisan inggrisnya gitu ? ).
Ok deh back to laptop....:), berikut silahkan klik langsung ke sumber download software pendukung untuk sistem operasi windows.
- Image editor = dari www.irfanview.com
- Buat aplikasi perkantoran = www.openoffice.org, mayan gede file nya tapi klo nekad pgn download sendiri bisa dicoba dengan downloader ato Opera yang bisa di resume disaat koneksi error ditengah jalan.
- Pdf reader pake dari www.foxitsoftware.com, fiturnya mayan bagus dan enteng pula.
- Untuk browsernya banyak sekali seperti dari www.crazybrowser.com, www.opera.com, www.mozilla.com, dll. Kenapa saya merekomendasikan 3 browser tersebut, karena saya sudah memakai dan selama ini fine - fine ajah gitu, malah bisa dikatakan saya puas sekali dengan kemampuan browser tersebut. Karena ringan dan untuk mozilla dan opera sangat membantu sekali disaat kita download dimana download bisa diresume atau dilanjutkan pas koneksi lagi error. Untuk crazybrowser keunggulan sangat ringan dengan tampilan tab dalam satu window, saat meload satu site juga lebih cepat. bagus dah pokoknya....hehehhe ( crazybrowser mania soalnya )
- untuk anti virusnya bisa menggunakan antivirus lokal yang menurut saya bagus banget yaitu PCMAV. Dengan diisi database nya yang opensource punya sudah bisa mengenali banyak virus.
- untuk mp3 playernya pake winamp yang free juga bisa download disini untuk yang versi basic, dan untuk yang versi bundle , tenang aja, itu emang free dan yang berlicensi ada sendiri kok. Cuman untuk file mp3 nya sendiri bisa anda minta rekomendasi pada pencipta dan penyanyi nya biar bisa digratisin, hehehhe.
- untuk movie player masih tetep mengandalkan windos media player bawaan dari microsoftwindows dengan catatan kita upgrade versinya. Bisa anda link langsung dari site microsoft. Ato bisa aja kita tambahin untuk player player yang lain seperti VLC player, ato banyak player - player gratisan dari web asal kita rajin browsing.
- untuk file compresser saya percayakan pada www.7-zip.org, dan menurut saya sangat bisa diandalkan kemampuannya dalam hal kompres mengompres file. Alternatif yang bagus untuk pengganti winzip ato winrar yang berbayar.
- untuk chatting, yahoo messenger bisa anda dapatkan langsung dari situsnya yahoo, dan untuk mirc anda mungkin bisa menggunakan alternatif Xchat irc, ato kalo masih kurang puas bisa anda pilih sendiri dengan browsing di serach engine google, coba satu - satu dan pakai yang menurut anda layak untuk dipakai ...hehehh.

Dari software - software tersebut diatas menurut saya sudah merupakan standart warnet untuk beroperasi. Berhubung saya sendiri juga masih harus banyak belajar maka harap dimaklumi bilamana banyak kesalahan dan kekurangan ( bahasanya dah EYD belom ? ...heheh ). Mungkin untuk penambahan akan saya tuliskan pada blog blog selanjutnya, tunggu aja tanggal rilisnya ( huwwwwwww....kek penyanyi terkenal aja mo launching album baru ...:P ). Ato mungkin kita bisa saling bertukar informasi dan berdiskusi mengenai warnet dan lainnya melalui email kurtdoniecobain@gmail.com ato via contactperson 0271-3054443, tapi berhubung saya jarang beli pulsa harap telpon aja yah. Mungkin kita bisa saling tukar informasi ataupun anda ingin mendirikan sebuah warnet dan membutuhkan teman untuk berdiskusi. Kebetulan sudah 3 warnet yang sudah saya kerjakan, SSKJr net di Sragen, Salwanet beralamat di Jl. Raya Sukowati Sragen ( Toserba Seka lt 2 ) dan VanJ@va Internet beralamat di Jl Surya Utama panggungredjo Jebres Surakarta ( belakang kampus UNS ) tempat saya "nongkrong" tiap sore dan malem sekarang ini.