Microsoft biasanya selalu menjalankan proses validasi WGA (Windows Genuine Advantage) untuk melindungi aplikasinya, sehingga hanya software resmi saja yang bisa mendownload Internet Explorer (IE). Namun kini Microsoft membuka download IE7 untuk semua pihak tanpa terkecuali.
---
Kini para pemakai Windows XP atau Windows Server 2003 illegal dapat memakai
Internet Explorer 7 (IE7) dengan cara mendownloadnya, sejak 4 Oktober 2007 lalu. Sejak diluncurkannya IE sekitar setahun yang lalu, Microsoft sangat membatasi download browser ini dan hanya diperuntukkan bagi mereka yang dapat membuktikan keaslian Windows yang dipakainya melalui proses validasi WGA (Windows Genuine Advantage), suatu aplikasi anti-pembajakan milik Microsoft.

Pada tahun 2006 Microsoft pernah menyatakan bahwa salah satu hal terpenting adalah masalah legalisasi. Dan pada awal Oktober ini Microsoft menyatakan perubahan sikapnya atas dasar minat konsumen semata. Menurut Steve Reynolds, IE Program Managerdari Microsoft, “Karena Microsoft mengambil komitmen untuk melindungi secara serius keseluruhan ekosistem Windows, maka kemudian installasi IE7 diperbaharui sehingga dapat dipakai secara luas untuk semua pemakai Windows”. Dengan begitu installasi IE7 tidak melalui proses validasi WGA lagi, dan dapat digunakan oleh semua pemakai Windows XP.

Secara konsisten Microsoft tetap menyatakan bahwa browser IE7 lebih aman. Pada 11 bulan sebelumnya IE6 untuk Microsoft Windows XP SP2 telah melakukan 22 kali perbaikan dari kekurangan yang ada, dimana 20 diantaranya cukup membahayakan. Sedangkan pada IE7 untuk Windows XP SP2 hanya dilakukan 13 kali perbaikan, dimana 10 kekurangan diantaranya cukup berbahaya. Namun fakta menyebutkan bahwa ketika Microsoft menawarkan IE7 hanya bagi pemakai Windows asli/legal saja, beberapa analis mempertanyakan komitmen Microsoft terhadap masalah keamanan.

Ini adalah kali pertama Microsoft tidak memakai validasi WGA dalam program utamanya. Namun masih banyak pula produk Microsoft yang tetap memakai validasi WGA, seperti Windows Defender, software anti-spyware Microsoft dan Windows Media Player 11.

Reynold juga tidak terkejut atas reaksi pertumbuhan pangsa pasar yang lebih banyak berdampak pada Firefox. Menurut sebuah perusahaan web metric, Net Applications, peluncuran IE7 berdampak secara langsung pada perolehan keuntungan Firefox yang sejak Oktober 2006 lalu meningkat sekitar 2 persen poin, kini meleset lebih dari 3 poin.

IE7 juga memperbaharui beberapa hal di dalamnya, seperti menu bar yang kini bisa dilihat secara default, dan menu administrasi baru. Para pemakai dapat memperoleh IE7 dengan cara men-download dari situs resmi Microsoft atau menunggu disediakan pada Windows Update sebagai prioritas utama. Diramalkan akan memakan waktu beberapa minggu untuk menyebarkan IE7 kepada seluruh pengguna XP, dan siapapun yang tidak puas dengan IE6 (versi IE sebelumnya), dapat meng-upgrade IE6 menjadi IE7 dengan memakai applet< color="#000000"> ‘Add/Remove Program’ dari ‘Control Panel’ . Sebuah aplikasi pemblokir juga disediakan untuk perusahaan atau organisasi yang tidak menggunakan layanan Windows Server Update dan ingin secara permanen melindungi pemakaian IE7 dari installasi otomatis IE6.(dna)

Sumber: InfoWorld