Kondisi iPhone yang digunakan dalam panduan ini: iPhone dengan firmware 1.1.1, baseband 04.01.13_G dan bootloader 3.9_M3S2 sudah diunlock dengan anySIM 1.1. Panduan ini menggunakan iTunes 7.5.

Panduan ini juga dapat digunakan pada:
  • iPhone berfirmware 1.0.2 unlock dengan anySIM sebelum versi 1.1 lalu perbaiki baseband (downgrade + virginize) lalu diupgrade ke versi 1.1.1. Ikuti panduan ini untuk memperbaiki baseband.
  • Jika saat ini firmware versi 1.0.2 diunlock dengan anySIM 1.1 maka jalankan aplikasi oneSIM lalu update ke versi 1.1.1.

Panduan ini tidak dapat digunakan pada iPhone yang saat dibeli sudah menggunakan firmware 1.1.2 karena menggunakan bootloader versi 4.0.6.

Terima kasih kepada iPhone Dev Team (drudge, dinopio, roxfan) dan iPhone Touch Dev Team, karena sekarang semua komunitas iPhone dapat memanfaatkan jailbreak terbaru untuk menginstall firmware 1.1.2.

Harap berkenan untuk memberikan sumbangan ala kadarnya untuk iPhone/iTouch Dev Teams melalui tombol di halaman ini.Karena kerja keras mereka yang memungkinkan proses ini terjadi. Mereka membutuhkan sumbangan dana untuk membiayai hobi mereka yang mahal ini.



Peringatan

Wajib baca Peringatan bagi Semua Pemilik iPhone sebelum melanjutkan tulisan ini.



Langkah 1.

Bagi yang memiliki iPhone sebelum tanggal 9 November (lihat digit ke-4 dan ke-5 dari serial number, seharusnya di bawah 45 - tetapi ini bukan informasi yang akurat), maka langkah ini dapat dilewati saja. Tetapi kalau tidak, maka lebih baik pastikan versi bootloader iPhone yang ada.

Pertama, copy bbupdater ke direktori /usr/bin. Panduan ini tidak menyediakan file tersebut, silahkan Googling untuk mendapatkannya.

Download Putty di sini. Gunakan Putty untuk melakukan koneksi SSH ke iPhone.

Periksa IP dari iPhone: Home - Settings - Wi-Fi - pilih access point yang aktif - klik panah biru yang ada di sebelah kanan. Nanti akan muncul tampilan informasi IP Address dan lain-lain. Contoh IP yang digunakan di sini adalah 10.0.1.6.

Jalankan PuTTy. Masukkan alamat IP iPhone di bagian Host Name / IP address. Lalu pilih Open.

iPhone



Window baru akan muncul, dan akan menanyakan login sebagai user apa, ketik root. Saat diminta password, ketik dottie atau alpine jika gagal. Kemudian ketik:
launchctl remove com.apple.CommCenter bbupdater -v

Pastikan jawaban dari perintah di atas memiliki bootloader persis dengan tampilan di bawah ini. Jika tidak, jangan lanjutkan proses ini!

iPhone



Jika telah mendapatkan hasil ini, silahkan restart iPhone kamu.







Langkah 2.

Jalankan Installer. Lalu klik Install dan scroll ke bawah dan pilih Tweaks (1.1.1).

iPhone iPhone



Pilih OktoPrep dan install. Dan tunggu hingga mendapatkan pesan seperti di bawah. Lalu tekan tombol Home untuk kembali jika sudah selesai.
Catatan: Lebih baik menguninstall Tweak 1.1.1 selain OktoPrep sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya, karena akan menyebabkan kegagalan pada proses jailbreak 1.1.2

iPhone iPhone








Langkah 3.

Jalankan iTunes lalu sambungkan dengan iPhone. Pilih Update. Ikuti petunjuk dari iTunes hingga selesai. (Jika telah ada update lebih baru dari 1.1.2, gunakan proses pemilihan Update secara manual dan pilih ke versi 1.1.2).

iPhone

iPhone



Setelah update selesai, iTunes dan iPhone akan tampak seperti di bawah ini. Tekan tombol panah Eject (iPhone) dari iTunes, lalu tutup iTunes.

iPhone

iPhone








Langkah 4.

Download aplikasi jailbreak 1.1.2 di sini. Dibuka dan jalankan windows.bat.

iPhone



Jika tidak terjadi apa-apa saat menjalankannya, kemungkinan belum terinstal Java Runtime Environment. Silahkan download dan install Java di sini - gratis.

iPhone



Jika Java sudah terinstall maka akan muncul tampilan seperti di atas, dan window DOS yang menampilkan status / progres dari proses jailbreak.

Beginilah isi dari aplikasi jailbreak 1.1.2. Pastikan untuk memilih install SSH (jika ingin terpasang SSH di iPhone). Jika tidak, dapat dilakukan nanti melalui Installer.

Catatan: Jika menginstall SSH, inilah waktu yang tepat untuk mengubah password root iPhone. Aplikasi akan menampilkan alpine sebagai password aslinya.

Klik tombol Jailbreak! untuk menjalankan proses. Catatan: jika tidak dapat terhubung dengan iPhone maka buatlah account baru di Windows dan dicoba lagi untuk jailbreak dari account baru itu.

iPhone



Beberapa tampilan status akan muncul.

iPhone

iPhone



iPhone akan restart beberapa kali dan akan muncul tampilan seperti ini. Jika iPhone sudah menyala kembali dalam posisi SpringBoard, klik OK di tampilan bawah ini.

iPhone



Seharusnya sekarang iTunes sudah dapat mengenali iPhone.

iPhone




Langkah 5.

Pilih Settings - General - AutoLock dan pilih Never.

iPhone

Langkah 6.

Jalankan Installer dan pilih Install. Scroll ke bawah ke kategori Sources. Lalu install Community Sources. Jika diminta untuk update Installer, maka lakukan.

iPhone iPhone







Kembali ke daftar kategori, lalu pilih System dan install BSD Subsystem.

iPhone iPhone


Pilih Sources - Edit - Add.

iPhone iPhone


Ketik URL: hackthatphone.com/1.xml. Dan tekan OK. Lalu tekan tombol Done.

iPhone iPhone


Jika perlu, tekan tombol Refresh. Daftar Source akan terupdate.

iPhone iPhone


Seharusnya sekarang akan tampak Hack that Phone tools di daftar Sources. Pilih Install dan masuk ke kategori Hack that Phone tools.

iPhone iPhone







Pilih anySIM 1.2.1u. Install aplikasi. Dan setelah selesai, tekan tombol Home untuk merestart SpringBoard dan akan tampak anySIM di sana.

iPhone iPhone



Langkah 7.

Pilih Settings dan aktifkan Airplane Mode.

iPhone


Jalankan anySIM (masukkan SIM card). Lalu klik OK dan Slide to Unlock.

iPhone iPhone


Silahkan baca tampilan ini, lalu scroll ke bawah dan klik tombol merah satu kali saja.

iPhone iPhone







Beberapa tampilan akan muncul. Proses ini akan berlangsung selama 5-10 menit. Jika semua dilakukan dengan benar, maka akan muncul pesan sukses.

iPhone iPhone







Langkah 8.

Tekan Settings dan matikan Airplane Mode.

iPhone



Langkah 9.

Restart iPhone dan silahkan diperiksa sinyalnya.

iPhone



Perhatian bagi pemilik iPhone di negara-negara yang tidak resmi

Indonesia termasuk negara yang tidak resmi bagi iPhone, maka saat ini iPhone akan mengalami masalah jika mengakses aplikasi MobilePhone.app (untuk menelpon) dan MobileSMS.app (untuk SMS dan email), aplikasi tersebut akan crash setiap kali diakses.

Untuk mengatasinya, buka Installer - Install - Tweaks 1.1.2 dan Install iWorld.

iPhone iPhone


Now select your country from the list and hope for the best. If you still have issues, I recommend the usual modding forums like Hackint0sh.org.

iPhone

Sumber : http://indonesia.hackthatphone.com/iphone_update_112_unlock_windows_1_easy.html
http://www.hackthatphone.com/indonesia/iphone_update_112_unlock_windows_2_easy.html