Xbox 360 (ist)

California - Gara-gara Xbox 360 besutannya, Microsoft tersandung masalah. Seorang wanita menyeret produsen software terbesar di dunia itu ke meja hijau. Apa pasal?

Wanita California bernama Reshelle Cable ini menggugat Microsoft karena menuding Microsoft telah menipu konsumen dengan merahasiakan permasalahan fatal pada mesin Xbox 360 besutannya.

"Serbuan Xbox 360 ke pasaran merugikan konsumen karena mesin ini bermasalah di bagian hardware," isi gugatan Cable tersebut, seperti dikutip detikINET dari Computerworld, Selasa (21/10/2008).

Masalah hardware Xbox 360 atau yang dikenal dengan istilah Red Rings of Death, yakni kondisi di mana ada sinar merah yang memancar dari konsol, yang menandakan kerusakan pada mesin, sebenarnya telah menimpa Microsoft sejak tahun pertama memulai debutnya.

Problem ini sebenarnya telah disadari oleh Microsoft, sehingga mereka memutuskan memberikan perpanjangan garansi untuk Xbox 360 selama tiga tahun bagi mesin Xbox yang menunjukkan tanda-tanda bermasalah.

Cable menuding Microsoft tetap bersikeras menjual mesin Xbox 360 bermasalah untuk bisa menghadang langkah rivalnya, Sony dan Nintendo.

Dalam tuntutannya, Cable meminta Microsoft menyerahkan keuntungan atas penjualan mesin Xbox yang merugikan konsumen serta mengembalikan uang pemilik Xbox 360 yang bermasalah.

Kasus ini berusaha mendapatkan status class-action sehingga memungkinkan warga California lain berpatisipasi. Terkait gugatan ini, pihak Microsoft belum memberikan komentar.