Dari sekian banyak antivirus sebenarnya antivirus mana yang yang paling baik dalam menangani virus saat ini..!!! sebenarnya pertanyaan itu pasti akan selalu muncul setiap tahunnya. Mengapa..?? Karena pasti setiap tahunnya virus maker akan selalu berusaha membuat virus yang lebih baik dan berusaha untuk mencari kelemahan-kelemahan dari antivirus - antivirus sehingga sebagus-bagusnya antivirus apabila tidak dilakukan update terhadap database antivirus yang kita miliki pasti virus-virus bandel tersebut akan kembali bersarang di komputer anda. Dan walaupun antivirus kita selalu update belum tentu komputer kita akan aman dari serangan virus..!!! sebagai contoh saat ini banyak sekali antivirus - antivirus baik dari global maupun dari buatan anak indonesia sendiri..!!! Antivirus global contohnya Bitdefender, Kasperskay, Norton Symantec, AVG, Avira, McAfree, Panda, Nod32, dll. Semuanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing..!!!

Yang menjadi focus saya saat ini yaitu pada 2 jenis virus lokal yang sebenarnya mudah untuk dideteksi tetapi antivirus - antivirus tersebut tidak dapat mendeteksi dengan baik..!!! sebut saja virus yang bernama boas.exe yang memiliki icon seperti word ini menyerang file-file yang memiliki ekstensi *.doc dengan cara menghide semua file-file yang berakhiran doc dan memunculkan tubuh dari virus tersebut dengan nama file yang sama dengan file doc kita yang dihide olehnya..!!! Sebenarnya jenis virus ini sudah terdeteksi oleh antivirus seperti avira. Tetapi untuk jenis antivirus lainnya seperti McAfree, AVG, Ansav, dan Smadav virus atau lebih tepatnya trojan ini tidak dapat dideteksi sebagai file yang berbahaya..!!! Satu jenis virus lagi yaitu sebut saja x.exe ( karena saya juga tidak tahu nama dari virus itu sebenarnya apa hehe...) berbeda dari boas.exe, x.exe ini menyerang folder. tetapi untuk cara kerjanya sama yaitu menghide folder-folder yang ada dan menggantinya dengan tubuhnya yang menamainya seperti folder-folder kita yang telah dihide olehnya..!!! Dan anehnya ternyata virus jenis ini tidak terdeteksi oleh avira dan antivirus -antivirus lainnya khususnya antivirus lokal. padahal virus jenis yang satu ini adalah virus lokal..!!! Tetapi tidak untuk McAFree, antivirus ini langsung melakukan eksekusi terhadap virus tersebut.

Lalu mengapa tidak menginstall 2 antivirus tersebut (Avira dan McAFree)..??? jawabannya singkat saja "BERAT..!!!". Lalu antivirus mana yang anda pakai saat ini..??? Hmm... sampai saat ini saya masih menggunakan avira mengapa..???
1. Avira lebih ringan jika dibandingkan dengan McAfree yang membuat pusing komputer saya karena beratnya wow..!!!
2. Tingkat kesalahan dalam deteksi rendah tetapi sangat akurat dalam menangkap virus-virus baru ( walaupun tak selalu tertangkap ya lumayanlah..!!!)
3. Berbunyi "tiiitttt..!!!" saat mendeteksi virus ( seru jadi rame gitu.. )

Lalu bagaimana dengan virus x.exe tadi..??? Hm... karena virus tersebut menggunakan folder samaran yang kuno yaitu bentuk folder yang standar ( bentuk bawaan dari windows ) jadi akan jelas terlihat jika kita mengubah tampilan icon dari folder-folder kita..!!! dan beruntungnya saya saat ini karena icon dari folder saya tidak polos hehe...!!! setelah mengetahui bahwa itu virus maka saya akan scan file tersebut dengan Ansav atau smadav..!!! pada smadav terdapat options untuk memasukan 1 jenis file yang dianggap virus yang belum terdapat pada database smadav. atau apabila menggunakan Ansav saya akan gunakan plugin maltrack..!!! Scan..!!! Dapat dan Hapus..!!! Selesai..!!!

Dan untuk menjawab pertanyaan saya yaitu Antivirus mana yang terbaik...???? Jawabannya terdapat pada anda sendiri. Antivirus mana yang anda percaya untuk menjaga komputer anda...!!! Ada yang mempunyai jawaban atas pertanyaan saya diatas..???

Sumber : ebenk789