Hasil Pemilu 2009 yang menggunakan metode penghitungan cepat/quick count sudah menunjukkan hasil yang nyata. Dari data yang diperoleh dari sumber media cetak JawaPos, Demokrat unggul memimpin perolehan suara sementara sebanyak 20.25%, disusul oleh PDIP dengan 14.49%, Golkar dengan suara 14.32%, PKS dengan suara 7.51% dan di posisi kelima diduduki PAN 5.73%.


Tidak jauh berbeda dengan media cetak, MetroTV juga menampilkan hasil sementara Pemilu 2009 yang menunjukkan dominasi Demokrat pada urutan pertama, PDIP pada urutan kedua dan Golkar pada urutan ketiga. Dengan dominasi Partai Demokrat pada Pemilu 2009 ini sepertinya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan kembali duduk di kursi RI nomor 1, SBY calon terkuat saat ini.

Apakah benar bahwa keunggulan Partai Demokrat ini disebabkan strategi pencitraan SBY yang baik selama memerintah 5 tahun terakhir? Selain itu, enam bulan terakhir ini beliau juga diuntungkan dengan harga minyak dunia yang turun hingga BBM bisa turun sebanyak tiga kali?

Sementara itu puluhan partai lain bakal tersingkir dari arena persaingan. Itu dikarenakan perolehan suara mereka kurang dari 2,5%, angka batas parpol untuk bisa masuk parlemen sesuai dengan UU Pemilu.

Pesta Demokrasi hampir berakhir, ingin tahu siapa yang menduduki peringkat satu untuk sementara? “Hasil Quick Count jangan bikin kecewa”, sahut Tifatul Sembiring presiden PKS pada wawancara dengan tvOne malam ini. Jika sebelumnya PDIP menduduki posisi kedua, namun posisi tersebut kini ditempati oleh Partai Golkar.

Bagaimana dengan Partai Demokrat yang sejak awal mendominasi di posisi teratas? Berikut update 5 besar hasil sementara Pemilu 2009 ya ng bersumber dari tvOne:

1. Partai Demokrat 20.27%
2. Partai Golkar 14.85%
3. PDIP 14.50%
4. PKS 7.82%
5. PAN 6.11%

Nantikan update hasil sementara Pemilu 2009 berikutnya, stay tune.