TEMPO Interaktif, Amman - Surat kabar Yordania melaporkan berita serbuan makhluk ruang angkasa pada tengah malam. Berita mengenai Alien dengan tinggi tiga meter, yang datang menggunakan piring terbang ini memicu kepanikan masyarakat dan hampir menyebabkan evakuasi darurat di kota itu.
Surat kabar Al Ghad menerbitkan sebuah artikel halaman depan pada 1 April 2010 tentang pendaratan UFO dekat kota gurun Jafr, sekitar 300 km dari ibukota, Amman. Laporan itu mengatakan, UFO menerangi seluruh kota, komunikasi terputus dan membuat penduduk berlarian ke jalanan.

Walikota Jafr, Mohammed Mleihan, ternyata terjebak dengan tipuan April Mop koran itu. Dia memerintahkan mengirim aparat keamanan untuk mencari alien. "Siswa tidak pergi ke sekolah, orangtua mereka takut dan aku hampir evakuasi 13.000 warga kota," kata Mleihan. "Orang-orang takut bahwa alien akan menyerang mereka."

Seorang pejabat keamanan Yordania, yang tak mau disebutkan namanya, mengaku telah membahas masalah keamanan. Mereka telah merencanakan akan memberlakukan kondisi darurat di Jafr.

Mleihan mengatakan ia mungkin akan menggugat harian itu karena melakukan kebohongan besar. Namun, dia menambahkan bahwa koran itu telah diminta untuk meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan dengan lelucon itu.

Editor yang mengelola Al Ghad, Moussa Barhoumeh, mencoba meredakan situasi. Dia mengatakan laporan pemberitaan tersebut telah meledak di luar proporsinya. "Kita bermaksud untuk menghibur, tidak menakut-nakuti orang," katanya.

Sebelumnya, April Mop pernah dilakukan Orson Welles, yang menyebabkan kepanikan pada tahun 1938 dengan laporan berita terkenal berjudul "Perang Dunia" dalam siaran radionya. Laporan berita palsu itu menyiarkan drama secara langsung tentang serbuan makhluk dari Mars yang berhasil memicu histeria massa di antara pendengar yang menganggap penggambaran atas serangan itu benar.

AP| NUR HARYANTO