Eka Puspasari
E72, ponsel penerus Nokia E71 (techtree.com)
VIVAnews - Produsen telepon seluler (ponsel) Nokia terus berusaha mengalahkan dominasi BlackBerry di kelas ponsel pintar. Perusahaan asal Finlandia tersebut telah bekerja sama dengan Microsoft dan kini meluncurkan Microsoft Communicator Mobile.

Aplikasi Microsoft Communicator Mobile ini sendiri dibuat untuk menjembatani ponsel dengan komputer. Ini berarti sejumlah perubahan terutama di bagian konektivitas dan layanan pesan.

Fitur Microsoft Office akan ditanamkan dalam ponsel-ponsel pintar baru Nokia. Jajaran telepon pintar itu akan diluncurkan akhir tahun ini.

Laman harian Telegraph mengutip Microsoft yang mengatakan bahwa fitur yang mampu menghubungkan telepon ke server bisnis ini mengurangi risiko peretasan dan kegagalan pengaturan.

Microsoft Communicator Mobile ini akan ditanam dalam telepon seri E52 dan E72. Sebelumnya aplikasi ini hanya tersedia untuk telepon yang bisa menjalankan sistem Java.

Kerja sama antara Microsoft dengan Nokia ini sendiri diawali pada Agustus 2009. Dua perusahaan besar ini menyatakan bahwa mereka ingin mengalahkan pembuat BlackBerry, Research in Motion.

Namun hingga saat ini, ancaman terbesar BlackBerry diduga berasal dari ponsel pintar Apple iPhone dan sistem operasi besutan Google, Android. (mt)