Kompetisi dominasi software yang telah berlangsung selama ini terbukti tetap memunculkan Microsoft sebagai pemenang hingga saat ini. Menurut Bill Gates, hal ini terbukti dari banyaknya ‘porsi roti‘ yang didapatkan Microsoft karena hingga saat ini mayoritas software aplikasi selalu ‘available on Windows’.

Lebih lanjut, saat berbicara pada Consumer Electronic Show (CES) Gates menyatakan, saat ini jika kita berpikir Windows, maka kita harus berpikir tentang Windows Live, Windows on the phone. Microsoft telah menyimpannya sebagai platform dasar yang akan dipergunakan untuk memimpin dominasi software selanjutnya. Tentu saja Microsoft masih mempunyai lebih banyak kekuatan lagi yang dipergunakan untuk menguasai business area yang ada. Dan untuk pengembangannya, Microsoft mengandalkan pengembangan dengan natural user interface. Interface dari software Microsoft sendiri selama ini telah terbukti kehandalannya oleh berbagai pihak, karena tingkat usability-nya yang tinggi dan mudah dipahami user. Gates mengakui, bahwa fakta tentang semakin kompetitifnya persaingan di pasar software justru semakin memancing dirinya. Google telah memimpin dalam hal advertising, sedangkan Apple memimpindalam hal music devices, dan Microsoft masih mempunyai banyak ruang untuk mengembangkan dirinya.

Ketika ditanya mengenai hal spesifik apa yang harus dilakukan untuk mengubah budaya maupun hasih produk dari Microsoft, Gates menjelaskan bahwa hal yang terpenting untuk diperhatikan justru adalah software-nya, bukan tentang perusahaannya. “Jadi mengapa kita harus berbicara tentang perusahaan”, tandas Gates. Karena menurutnya sangat sedikit perusahaan yang dapat mengerti software dengan baik. Padahal kelak, semua akan mengandalkan software, telepon membutuhkan software, TV juga akan membutuhkan software, semuanya akan kembali kepada masalah software. Pemikiran pendiri Microsoft ini rupanya memang telah nyata, karena memang pada akhirnya semua akan kembali berpusat pada software.

Gates menjelaskan, bahwa menurutnya yang terpenting sekarang adalah mempercayai platform yang dipakai dalam setiap pengembangan Microsoft. Oleh karenanya, hingga saat ini Microsoft masih tetap memimpin dominasi software. (dna)