Pada hari Senin yang lalu Microsoft menggelar testing untuk Windows XP SP3 yang melibatkan para pelanggan MSDN dan Technet program. Bulan yang lalu Microsoft juga telah menyediakan versi tester dari Windows XP SP3 untuk sebuah kelompok yang terdiri dari 15 ribu orang tester.

Perubahan terbesar yang terdapat pad seri Windows XP SP3 ini adalah pada update sistem yang dilakukan untuk memperbaiki berbagai macam bugs dan kekurangan XP serta update security. Sedangkan versi beta untuk umum dijadwalkan akan tersedia beberapa waktu yang akan datang, dengan maksud akan meluncurkannya secara final pada pertengahan tahun depan. Untuk masalah waktu ini, menurut Microsoft bergantung pada feedback yang diberikan customer pada saat testing, karena feedback hasil testing ini merupakan prioritas Microsoft untuk lebih menyempurnakan produknya.

Windows XP SP3 sendiri sebenarnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada awal tahun 2006 namun sempat tertunda karena konsentrasi Microsoft pada pengerjaan team Windows Vista yang lebih menjadi prioritas Microsoft. Versi Service Pack untuk Windows Vista sendiri dijadwalkan akan dirilis pada pertengahan tahun depan.(dna)