Microsoft melaporkan lonjakan kenaikkan keuntungan perusahaan di kwartal pertama untuk penjualan Windows Vista dan peluncuran Halo 3. Perusahaan pembuat software ini merinci telah meraup keuntungan 4,29 milyar dollar Amerika, atau 45 sen per lembar saham, dalam total pendapatan 13,76 milyar dollar Amerika untuk tiga bulan terakhir hingga akhir September kemarin. Angka ini merupakan angka pertumbuhan pendapatan tercepat dari semua kwartal sejak tahun 1999.
Kepada News.com CFO Microsoft, Chris Lindell mengatakan, angka perkembangan pendapatan yang telah bergerak melebihi angka 30 persen merefleksikan kemampuan untuk mengubah pendapatan menjadi keuntungan, yang dapat dijadikan acuan pembuatan strategi investasi di masa yang akan datang. Microsoft juga melihat peningkatan hasil dari Windows client business, dimana pendapatannya juga meningkat 25 persen pada kwartal ini.
Di lain pihak, hal ini juga mencerminkan kesuksesan dalam mengurangi angka pembajakan aplikasi yang selama ini telah banyak merugikan pihak developer seperti Microsoft. Angka pembajakan sendiri telah berkurang sekitar 5 persen dalam perkembangannya. Tentu saja hal ini merupakan kabar yang menggembirakan bagi semua pihak, terutama developer yang telah banyak dirugikan oleh ulah para pembajak selama ini.
Untuk peluncuran Halo 3, Microsoft melihat peningkatan pendapatan sekitar 90 persen di bidang ‘Entertainment and Devices’. Hingga saat ini menurut General Manager Investor Relations dari Microsoft, Colleen Healy pada News.com, hingga saat ini Microsoft telah menjual lebih dari 1,8 juta unit Xbox 360 pada kwartal ini, itu belum termasuk ramalan penjualan yang mungkin masih akan meningkat lagi pada liburan musim dingin nanti.