Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Konfigurasi Jaringan

Untuk melewatkan voice melalui jaringan internet (IP), memerlukan gateway. Gateway mengubah format sinyal suara (analog, T1/E1, BRI maupun PRI) ke paket IP, begitu juga sebaliknya. Beberapa vendor menyediakan gateway berkapasitas kecil (SOHO Gateway) yang berbentuk card yang harus diinstal ke sebuah PC, atau berbentuk smart terminal (tidak memerlukan PC).

Bahkan terminal telepon yang dapat langsung dihubungkan dengan jaringan internet (IP Phone) juga tersedia.

Berikut Topologi Jaringan VOIP, sumber




VOIP merupakan teknologi telepon dengan biaya murah karena melalui atau emmakai saluran internet, di Indonesia sendiri salah satu tokoh pengembang VOIP adalah Onno W. Purbo dan pada Hari Rabu lalu, 31 Januari 2007, peluncuran Buku berjudul "VoIP Rakyat Cikal Bakal Telkom Rakyat"

Berikut adalah overview bukunya:

Teknologi Informasi pada saat ini sebetulnya telah sedemikian mudah untuk di operasikan, tapi mempunyai kemampuan yang sangat canggih. Gilanya, semua dapat di peroleh dengan harga yang sangat terjangkau.

Buku Pegangan VoIP Rakyat Cikal Bakal Telkom Rakyat menjelaskan secara detail berbagai teknik dan trik yang dapat dilakukan oleh rakyat Indonesia biasa tanpa perlu ijin maupun lisensi dari pemerintah untuk membuat sendiri infrastruktur telekomunkasinya.

Contoh real-nya telah di lakukan oleh rekan-rekan ICT Center Jakarta di bawah pimpinan Anton Raharja pada http://www.voiprakyat.or.id.

Teknologi yang akan di tampilkan adalah teknologi terakhir berbasis Session Initiation Protocol (SIP) yang sebetulnya digunakan di infrastruktur selular generasi ke empat (4G).

Bagi para pemula, akan di bahas kebutuhan peralatan dan software untuk dapat membangun VoIP Rakyat, termasuk gambaran kelas komputer yang dapat digunakan untuk memberikan berbagai servis VoIP tersebut. Bandwith dan delay akan menjadi bottleneck utama, berbagai pengetahuan untuk menghitung kapasitas yang dibutuhkan dijelaskan dengan menggunakan tool gratis yang ada di Web.

Untuk ujicoba pertama kali, teknik membangun mengunakan sambungan PC ke PC, dengan investasi headset seharga Rp. 35.000, sudah mencukupi untuk mencek apakah teknik yang kita terapkan cukup memadai.

Dengan modal headset dan sambungan Internet, dijelaskan pula teknik untuk memperoleh nomor telepon gratis dari Amerika Serikat, Inggris maupun mendaftarkan nomor telepon Indonesia ke jaringan VoIP Internasional. Daftar lengkap sentral telepon VoIP para pembrontak di seluruh dunia di jelaskan secara gamblang.

Bagi mereka yang mempunyai uang lebih dan tidak ingin pusing kepala untuk melakukan hacking, akan di jelaskan teknik-teknik mengkonfigurasi VoIP Hardware, Analog Telepon Adapter, IP Phone, ADSL Modem dengan VoIP, IP PBX maupun WiFi Phone, termasuk handphone Nokia yang mempunyai kemampuan VoIP.

Bagi para hacker dan mereka yang tidak mampu membeli hardware yang harganya mahal, diterangkan teknik membangun sentral telepon berbasis SIP yang dapat digunakan untuk 4G menggunakan Asterisk. Integrasi asterisk ke teknologi VoIP Merdeka berprotokol H.323 juga di terangkan. Berbagai fasilitas, seperti, conference, voicemail dan banyak lagi di terangkan secara detail.

Tentunya Asterisk bukan satu-satunya softswitch yang di terangkan, juga di terangkan Axon PBX di Windows, AsteriskWin32. Di samping itu, untuk kelas enterprise yang besar di perlihatkan IP PBX Panasonic.

Bagi mereka yang ingin nakalan dan menyambungkan ke Telkom. Di terangkan, teknik menyambungkan ke Telkom menggunakan Linksys SPA3000, Linksys SPA400 dan LevelOne VOI-2100. Bagi mereka yang ingin lebih legal, di jelaskan jasa layanan sambungan ke Telkom melalui VoIP Discount, VoIP Cheap dan IMAXIndo.

Salah satu teknologi kunci VoIP adalah ENUM yang dapat melakukan pemetaan nomor telepon ke IP address, teknik mengoperasikan ENUM di jelaskan di bagian terakhir. Pada saat buku ini di tulis, ENUM server pemerintah masih belum berhasil di operasikan sementara ENUM server VoIP Rakyat sudah beroperasi hampir satu tahun lamanya.

Akan tampak jelas bagi pembaca buku ini bahwa sebetulnya teknologi telekomunikasi tidak terlalu sukar & tidak terlalu rumit. Semoga buku ini dapat memberikan pencerahan pada bangsa Indonesia untuk membangun infrastruktur telekomunikasinya sehingga kekuasaan kembali ke tangan rakyat bukan ke wakilnya, maupun ke operator.

Sumber: Posting Onno W. Purbo di beberapa mailing list

Semoga pengembangan VOIP semakin mengalami perkembangan yang berarti dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat banyak sehingga dapat menikmati layanan telepon tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.