SMS: Santet Message Service. Bisa juga dipakai menjebak pacar yang selingkuh.

Jarar Siahaan; Blog Berita; Balige

Begitulah majalah Tempo menulis judul berita seputar kehebohan SMS berantai yang konon mampu membunuh si penerima SMS. Di kampungku, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumut, kabar bohong ini juga merebak. Banyak warga khawatir. “Jangan kalian angkat kalau ada telepon dari nomor buntut 666, bisa mati kita. Di Pangururan sudah ada satu orang yang mati,” kata seorang ibu seperti kutulis di sini.

Ada yang mengatakan bahwa SMS tersebut membunuh lewat infra-merah. Hasudungan Sinaga, warga Riau, adalah salah satu korban paranoid SMS santet. Dia langsung melempar ponselnya ke kolam begitu menerima SMS 666. “Aku yakin itu memang SMS berbahaya. Aku sendiri mengalaminya,” katanya seperti ditulis Tempo.

Faktanya, infra-merah di HP tidak bisa dikirim via SMS tapi harus diaktifkan oleh pemilik HP, misalnya untuk berkirim lagu MP3. Lagi pula infra-merah pada ponsel tidak akan membunuh sekejap itu, karena infra-merah HP sudah disetel dari pabriknya agar tidak terlalu membahayakan.

Tapi, kok bisa nomor pengirim SMS itu hanya empat angka seperti 0666 atau 0866? Warna nomornya pun merah.

Nah, ini dia rahasianya. Memang bisa kok kita menyetel nomor HP kita supaya muncul hanya empat digit pada ponsel si penerima. Mau munculkan angka 88888888 juga bisa. Bikin nomormu berwarna pelangi pada ponsel tujuan juga bisa. Bila kau lelaki, suaramu pun bisa diubah agar terdengar menjadi suara perempuan di HP si penerima. Caranya?

Istilah teknisnya caller ID spoofing, yang bisa kaulanggani lewat Internet, antara lain Spooftel dan Spoofcard. Kedua layanan ini tentu saja berbayar.

Setelah kau berlangganan, kau bisa mengerjai teman-temanmu. Tapi kusarankan jangan lakukan semacam SMS santet yang meresahkan itu. Pakailah kecanggihan teknologi ponsel tersebut untuk urusan pribadimu atau sekadar membuat sahabatmu tertawa.

Misalnya begini, kau mencurigai pacarmu berselingkuh, dan kau sudah tahu nomor HP selingkuhannya, contohnya 081-11223344. Teleponlah pacarmu lewat fasilitas caller ID spoofing, dan tentu saja setel supaya di HP pacarmu terlihat nomor HP-mu sebagai 081-11223344. Dia akan mengangkat panggilanmu dan mengira selingkuhannya. Jangan lupa aktifkan perekam suara pada ponselmu. Langsung saja tembak dia: “Aku kangen banget, Say. Ketemuan malam ini, yuk.”

Atau, kalau kau tidak bisa meniru suara selingkuhannya, kirim SMS saja memakai nomor palsu itu. Mungkin dia akan balas, “Aku juga kangen, Cinta….”

Besoknya temui dia dengan membawa BB tersebut — barang bukti, istilah polisi. Pasti pucat wajahnya, lalu pecatlah dia sebagai pacarmu. :D