logo google chrome os operating system Mau habisi Windows, Google Chrome bikin sistem komputer gratisTidak salah kalau sering muncul slogan “Google hates Windows” — Google benci Windows. Setelah meluncurkan browser Chrome, kini Google menyiapkan Google Chrome Operating System yang diberikan gratis. Konon untuk menghabisi sistem komputer Windows yang berbayar.

Sistem komputer Chrome OS akan diluncurkan pertengahan tahun 2010. Menurut blog resmi Google, sistem gratis open source ini punya banyak kelebihan yang cocok dipakai pada komputer jinjing seperti netbook layar sentuh.



Google menulis: Chrome OS cukup ringan, cepat mengakses web, dan ditargetkan untuk laptop jenis netbook. Tampilannya sederhana, tidak rumit untuk dipakai. Kami juga mendesain ulang keamanan sistem operasi komputer sehingga pemakai Chrome OS tidak harus berurusan dengan virus, malware, dan masalah security updates.

Mengetahui kabar ini aku sangat senang. Karena dengan demikian tidak perlu lagi harus membeli komputer dengan harga mahal bila sekaligus dibundel dengan sistem Windows di dalamnya.

Tapi apakah sistem Google Chrome OS ini akan cocok dengan software-software yang sudah jamak kita pakai? Ataukah sebagian besar aplikasi yang terpasang pada Windows tidak bisa dipakai pada Chrome OS?

Tampaknya langkah paling baik adalah menunggu. Kita lihat saja tahun depan bagaimana pengalaman para pengguna, sebelum kita memutuskan mengganti Windows-nya si Bill Gates ke Google Chrome OS.