syuly_240jpg.jpgAntikonsepsi berarti mencegah pembuahan atau kehamilan. Keluarga berencana (KB) adalah sesuatu yang lazim di negara maju. Dulu sex pra-nikah itu terlarang, sementara memperoleh keturunan sesudah menikah adalah sesuatu yang wajar. Zaman sekarang banyak orang, terutama wanita yang berpendidikan tinggi, memilih untuk menunda kehamilan sampai pada usia yang lebih lanjut. Juga ada pasangan yang memilih untuk tidak mempunyai anak.

Mudah diperoleh
Alat-alat antikonsepsi bisa anda peroleh dengan mudah di Belanda, tapi tidak semua orang tahu metode apa saja yang tersedia dan yang terbaik untuk diri sendiri. Ada banyak cara untuk mencegah kehamilan, terutama yang ditujukan bagi wanita. Di bawah ini saya akan memberitahukan alat-alat antikonsepsi yang tersedia dan menjelaskan secara singkat cara kerja dari alat tersebut.

Dokter keluarga anda adalah orang pertama yang bisa memberi advis. Anda harus membayar sendiri alat antikonsepsi yang anda perlukan. Orang yang memperoleh tunjangan sosial bisa disokong oleh dinas sosial. Informasikan lebih lanjut kepada instansi yang bersangkutan.

syuly_pil_kbjpg.jpg

Pil KB
Dokter keluarga, asuransi kesehatan dan biaya
Kondom dan morning afterpil bisa langsung anda beli di apotik tanpa resep dokter. Selain di apotik kondom juga tersedia di supermarket dan drogist (toko obat, red). Untuk alat kontrasepsi yang lain sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter jika anda belum pernah menggunakan alat antikonsepsi. Anda bisa mengecek sendiri dengan melihat di daftar ganti rugi dari asuransi kesehatan anda apakah mereka membayar biaya alat kontrasepsi atau tidak.


Alat-alat untuk mencegah kehamilan (kontrasepsi)
Tiga metode KB yang paling sering digunakan di Belanda adalah pil KB, kondom (pria) dan spiral. Kondom wanita belum lama beredar di pasaran.

- Pil-Pil KB
Pil KB adalah alat KB yang paling sering digunakan dan ditelan oleh wanita. Pil tradisional adalah pil KB kombinasi dari 2 hormon. Pil KB mencegah supaya sel telur tidak matang dan wanita tetap mendapat haid setiap bulan. Haid ini biasanya lebih pendek jangka waktunya dan lebih sedikit darah yang keluar. Sekarang ada juga tipe pil KB lain dan bisa dipakai dengan cara lain seperti suntik atau pleisters.


syuly_kondom.jpg

Kondom
- Kondom
Kondom terbuat dari karet yang kuat dan tipis. Kondom harus dipasang pada penis waktu penis sudah "keras", sebelum penetrasi (pemasukan penis ke dalam vagina). Keuntungan dari kondom yaitu bisa mencegah penularan penyakit kelamin. Kerugian besar (terutama bagi pria) yaitu pada waktu "moment suprême" harus ingat untuk memasang kondom anda.



syuly_kondom_perempuan.jpg

Kondom perempuan
- Kondom untuk perempuan
Kondom perempuan menutupi vagina sampai bibir luarnya. Alat ini termasuk baru, belum dikenal banyak orang dan masih sulit diperoleh. Kondom ini terbuat dari karet dan tidak ada efek sampingan.

- Spiral
spiral bekerja dari dalam rahim untuk mencegah pembuahan sel telur oleh sperma dengan mengeluarkan hormon dan alat ini dapat dipercaya. Pemasangan spiral bisa dilakukan oleh dokter keluarga atau dokter ahli kandungan. Biayanya sekitar 125 euro. Tergantung jenis spiral apa yang dipakai, biasanya spiral bisa bertahan dalam rahim 5 tahun sesudah itu harus dikeluarkan dan diganti. Sesudah pemasangan spiral yang pertama kali dalam minggu pertama bisa ada perdarahan sedikit, kejang di perut dan sakit kepala karena rahim anda belum terbiasa. Spiral dikenal juga sebagai IUD (Intra Uterine Devices).

- Cincin vagina
Cincin vagina (Nuvaring) adalah cincin tipis dan tembus pandang. Anda bisa memasukkan dan mengeluarkan sendiri cincin ini dari vagina (seperti tampon). Cincin vagina bekerja sama seperti pil KB kombinasi (hormonal). Pemasukan cincin vagina dilakukan 1 kali per bulan. Sesudah 3 minggu cincin vagina dikeluarkan dan untuk 1 minggu anda "bebas cincin". 1 kotak yang berisi 3 cincin (untuk 3 bulan) harganya 36 euro. Dengan resep dokter anda bisa beli cincin vagina di apotik.

syuly_spiral.jpg

Spiral dalam rahim
- Pessarium
Pessarium adalah kap karet (kantong karet berbentuk mangkuk) dengan "per" elastis pada pinggirnya. Dokter yang berpengalaman memeriksa ukuran yang sesuai, sesudah itu pasien memasukkan pessarium sendiri ke dalam vagina. Pessarium bisa dikombinasikan dengan kondom atau spermisida (obat pembunuh sperma). Pessarium tidak banyak dipakai di Belanda.

- Femcap
Femcap bekerja sama seperti pessarium tapi dokter tidak perlu sebelumnya memeriksa ukuran yang sesuai (femcap dapat ditarik).

Saya tidak bisa membahas semua alat kontrasepsi yang tersedia dalam artikel ini. Tetapi apa yang sudah saya sebutkan di atas adalah alat-alat kontrasepsi yang terpenting pada saat ini.

Cara lain untuk mencegah kehamilan
- morning afterpil: jika anda terlanjur berhubungan sex tanpa pelindung dan kemungkinan bisa hamil, maka anda bisa membeli morning afterpil di apotik. Pil ini harus secepatnya diminum, paling baik tidak lebih lama dari satu hari sesudah senggama.
- coïtus interruptus (senggama terputus): Senggama terputus adalah cara mencegah kehamilan dengan menarik penis dari vagina sebelum terjadi ejakulasi. Metode ini mungkin adalah metode yang paling tua tetapi tidak dapat dipercaya jadi tidak dianjurkan.
- sterilisasi: cara KB permanen bagi pria adalah operasi yang mudah dan aman. Biasanya dilakukan di poliklinik (beberapa jam sesudah observasi anda bisa pulang). KB permanen bagi perempuan juga aman dan mudah. Sesudah disterilisasi biasanya pasien tinggal semalam di RS untuk observasi. Sterilisasi cocok buat pasangan yang sudah punya anak cukup dan sudah bertekad bulat untuk tidak punya anak lagi.
- abortus provocatus: kalau anda terlanjur hamil dan anda tidak mau meneruskan kehamilan anda maka anda bisa melakukan abortus di klinik tertentu di Belanda. Ini bisa kalau usia kehamilan anda masih dini.

Saran ranesidokter
Minta informasi dan saran dari dokter keluarga anda alat kontrasepsi mana yang terbaik untuk anda. Hal ini tergantung dari banyak faktor misalnya: apa anda alergi atau tidak untuk hormon dan/atau bahan-bahan tertentu, apa anda memiliki disiplin yang baik, apa anda sudah mempunyai anak atau tidak, berat badan, umur, aktivitas, kondisi kesehatan dll. Apabila anda mempunyai anak remaja, bicarakan tentang alat kontrasepsi tepat pada waktunya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Catatan dari ranesidokter
Para pembaca RANESI yang budiman,
Saya hanya menulis artikel medis dan yang berhubungan dengan dunia medis. Jadi saya tidak memberikan konsultasi tentang masalah kesehatan anda. Untuk itu anda harus ke dokter keluarga anda (huisarts) atau ke dokter spesialis. Berbagai permintaan/pertanyaan pengunjung situs web Ranesi rubrik kesehatan, tentang topik khusus yang bersifat medis bisa dibundel dan akan saya bahas dalam sebuah artikel terpisah.