Pagi Donna!
Buat tambah-tambah aja aku mau coba sharing tentang widget yang biasa dipakai di situs-situs blog teman-teman kita.

Widget? cari di kamus inggris indo ga ketemu, Ternyata berasal dari pentas komedi tahun 1924 yang berjudul Beggar on Horseback. Cerita tentang seorang komposer yang harus memilih membuat musik untuk jiwa tapi gak dapat uang atau mendapatkan jiwanya mati didalam "widget" factory. Jadi secara etimologi widget itu tak terartikan tapi jelas memiliki fungsi sebagai wadah untuk obyek mekanis.

Widget amat sederhana, berguna dan mudah dipakai untuk membuat situs blog kita semakin cantik, tapi ingat jangan juga pasang widget banyak-banyak estetika desain harus tetap penting untuk sebuah situs yang baik.

Berikut ini daftar widget-widget yang banyak digunakan blogger walaupun sebenarnya jumlahnya jauh lebih banyak, diurutkan berdasarkan widget yang terpopuler :

  1. MyBlogLog's Recent Readers - widget ini kepopulerannya bahkan membuat Yahoo membeli MyBlogLog. Digunakan untuk melihat avatar dari pengunjung terakhir saat ini yang juga merupakan member dari MyBlogLog. Contohnya tuh di halaman depan situs ini udah dipasangin si Donna.

  2. Preview Anywhere (sekarang Snap ) - lihat preview dari link di dalam blog kita secara langsung dalam bentuk baloon yang kadang bisa mengganggu kadang berguna, tapi Don jangan dipasang ya nyebelin..

  3. Mashable - dapatkan berita social networking terkini.
  4. Flickr Flash Photo Stream Badge - tampilkan gambar-gambar dari Flickr kamu dengan animasi flash yang menarik

  5. Twitter Badge - kalau kehidupan kamu sangat menarik dan harus di share dengan siapa saja, nah widget ini adalah pilihan yang cocok.

  6. Digg News - tampilkan link terkini dari si raksasa bookmarking Digg langsung di blog kamu. Widgetnya cantik, themeable dan fully customizable.

  7. FEEDJIT - Nah ini buat yang pengen tahu asal muasal pengunjung, realtime data trafik dengan informasi yang lumayan banyak bahkan ada petanya juga.

  8. LineBuzz - Inline Comment untuk blog yang amat berguna kalau blognya sering digunakan untuk diskusi. Kaya chatting kesukaan kamu Don, jadi copot aja tuh shout! Brisik.. hahaha. Jadi cuma dengan satu baris javascript, para pembaca dapat memilih text mana yang mau dikomentari pada artikel tersebut.. Buzzz!

  9. Flixn - Menampilkan webcam kamu langsung ke situs kamu. Don pasaaaaaangggggg hahahaha jadi yang mapir bisa liat elo lagi nongkrong gak.

  10. 3jam - Nah ini kesukaanku yang pada doyan SMSan. Jadi pengunjung situs dapat mengirimkan pesan melalui situs langsung ke HP kamu tanpa perlu mereka tahu nomor kamu.
  11. Jaxtr - Nih lebih seru lagi, pengunjung dapat langsung menelpon kamu melalui situs kamu dengan sekali lagi tanpa perlu tahu nomor HP kamu.

  12. LinkedInABox - Buat yang seneng profilnya mejeng di mana-mana ini deh, widget ini dapat menampilkan personal profile kamu yang kamu sudah buat di situs linkedIn.

  13. Box Widget - Pengunjung dapat menggunakan box.net media penyimpanan online langsung dari website. "Share your files anywhere" seru kan! Buat tukang download atau mau sharing file ini widget sip banget.

  14. ClockLink Menampilkan jam yang lucu-lucu buat situs kamu dan bisa banyak variasi time zone.

  15. Daily Painters - Art Gallery, buat kamu pecinta seni lukis, widget ini menampilkan lukisan-lukisan dari para pelukias terkenal di dunia yang dapat kamu atur tema dan waktunya.





    Sementara segini dulu ya Don mau mandi dulu masih keringetan. Tunggu komentar dari yang lain baru aku lanjut lagi cari-cari info.